Sosialisasi G3CT (Gerakan Gosok Gigi dan Cuci Tangan)

Sosialisasi G3CT (Gerakan Gosok Gigi dan Cuci Tangan)

 

Kegiatan pengenalan dan penyuluhan Gerakan Gosok Gigi dan Cuci Tangan pada siswa-siswi PAUD di Desa Kenteng. Kegiatan G3CT ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya Gosok Gigi dan Cuci tangan serta memberikan cara atau praktik menggosok gigi dan cuci tangan yang benar. Selain itu G3CT juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran hidup sehat sejak dini melalui menjaga gigi dan membiasakan cuci tangan.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Oktober 2017 di PAUD Terang Bangsa Desa Kenteng. Dengan melibatkan peran dari orangtua wali, guru, dan teman-teman dari KKN Unnes Altenatif 2B 2017 sendiri. Antusias dari anak-anak membuat suasana menjadi semakin bersemangat. Sekitar 25 peserta didik dari PAUD Terang Bangsa memerhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan mengenai cara gosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar. Tidak hanya menjelaskan saja, melainkan dari kakak KKN mengajarkan beberapa gerakan tepuk tangan agar anak-anak bersemangat kembali. Setelah materi sosialisasi G3CT selesai, anak-anak langsung bergegas untuk keluar ruangan dan segera untuk sarapan. Namun, sebelum menyantap sarapan yang telah dipersiapkan dari rumah sebelum berangkat, anak-anak harus cuci tangan terlebih dahulu. Disini, ketika praktek cuci tangan harus sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan, baik dari tahap pertama yaitu mengusap sabun tangan secara merata keseluruh bagian tangan sampai pada tahap yang terakhir membersihkan sela-sela kuku tangan secara bergantian dan dibilas hingga busa hilang. Setelah, anak-anak selesai sarapan tiba saatnya untuk menggosok gigi. Disini, terlihat sedikit keunikan yaitu anak-anak menempatkan diri di lingkaran yang berwarna-warni kemudian baru menggosok gigi secara bersama-sama.

Dengan adanya sosialisasi Gerakan Gosok Gigi dan Cuci Tangan (G3CT) ini diharapkan tidak hanya dilakukan satu kali saja saat kegiatan ini dilaksanakan. Melaikan dapat diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, anak-anak tumbuh besar dengan mempunyai gigi yang bersih dan sehat serta tangan yang bersih.

 

 

 

About DESA KENTENG KECAMATAN BANDUNGAN KAB. SEMARANG 28 Articles
Ana Ghosiyatul U, S.Pd Jabatan sekretaris desa Kenteng sejak tahun 2017

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan